Blog

I’m Getting Married!! Ten Ways To Get Prepared

Post Category: Article

 

article 07article 08

Waktunya untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail dan tepat.  Bagi pasangan yang memiliki aktivitas padat sebagai pekerja professional, meminang wedding organizer atau wedding planner adalah keputusan yang tepat. Rasa aman, tenang, dan well organized akan membantu para pasangan untuk sedikit punya waktu dalam menikmati prosesi persiapan hingga acara pernikahan anda terlaksana secara keseluruhan.

Setelah menentukan tanggal dan bujet, perlu juga diprioritaskan adalah kepentingan dari dua keluarga besar. Jangan sampai ego Anda dan pasangan bersinggungan dengan kepentingan keluarga Anda. Patut diingat karena hal ini bukan saja antara Anda dan si dia tapi pernikahan dua budaya dan dua latar belakang. Langkah selanjutnya yang harus diambil adalah penentuan vendor. Dalam hal ini , hati – hati selalu dalam melihat dan memilih para vendor pernikahan Anda. Ingat ini adalah perhelatan sekali seumur hidup, jangan terjebak karena paket murah. Sesuaikanlah dengan bujet dan kualitas yang seharusnya Anda dapatkan. Perhatikan bagaimana para vendor itu dapat menterjemahkan konsep atau impian pernikahan Anda. Bagaimana kreativitas dan juga kerjasama pelayanan yang mereka berikan.

Apabila urusan Vendor telah selesai, mulailah dengan mengatur skema pembayaran Anda.Diawali dengan uang muka, pembayaran kedua dan seterusnya hingga pelunasan. Hal sederhana ini perlu kita perhatikan dengan detail, karena cash flow dan cara Anda mengatur keuangan dengan baik akan membantu Anda menikmati proses persiapan tanpa harus merasa tertekan dengan masalah finansial.

Berikut ini adalah panduan detail lainnya setelah Anda merampungkan hal utama diatas :

  1. Tentukan Konsep dan Tema pernikahan Anda, misalnya saja Anda ingin mengambil tema romantic wedding, Moulin rouge wedding, carnival in love dan lainnya.
  2. Tentukan tempat dan segeralah sampaikan tanggal yang Anda inginkan jauh hari sebelumnya.  Ingat bukan Anda saja loh… ada ratusan pasangan yang berburu tempat idamannya.
  3. Mulailah mengenali jumlah dan karakter tamu Anda. Dari mana dan siapa saja mereka. Karena hal itu akan membantu Anda dalam memutuskan jumlah makanan, penyampaian undangan dan teknis operasional pernikahan Anda.
  4. Menunjuk Wedding Planner yang mumpuni. Ceritakan lah keinginan Anda dan mintalah mereka menuangkannya dalam skema kerja yang tepat dan detail.
  5. Tentukan vendor utama lain seperti catering, dekorasi, busana pengantin, dokumentasi.
  6. Kemudian mulailah mengerucut ke vendor yang lebih kecil seperti undangan, souvenir, kue, mobil pengantin
  7. Mulai pikirkan pengisi acara Anda. Sesuaikan dengan konsep yang sudah Anda tentukan dan ajak mereka untuk membantu memberikan ide lebih sesuai pengalaman dan kreativitas mereka.
  8. Siapkan waktu untuk diri Anda dan pasangan , baik dalam mempersiapkan diri secara fisik dan mental dan selalu jagalah komunikasi Anda. Tidak jarang persiapan ini akan menguras pikiran Anda dan berujung pada konflik.
  9. Mulailah dengan disiplin menjalani skema waktu yang telah dibuat oleh bantuan wedding planner Anda. Siapkan segala bentuk acara pra pernikahan, dan jadwal – jadwal lain seperti konfirmasi order dengan para vendor, fiiting gaun pengantin, persetujuan akhir dekorasi hingga mengirimkan kartu undangan Anda menjelang hari besar itu.
  10. Jangan lupa untuk selalu berdoa demi kelancaran pernikahan Anda. Lembar kehidupan baru yang akan Anda jalani hingga maut memisahkan.

 Have a Great Wedding Planning Couples!!!

Demam panggung saat pidato di resepsi pernikahan Anda? Don’t Worry couples… enjoy your day!!!

Post Category: Article

article 13article 14

 

Esensi pidato dalam acara pernikahan  atau yang  sering disebut wedding speech sebenarnya adalah ungkapan terima kasih dan rasa syukur  yang disampaikan langsung oleh pemangku hajat terhadap para tamu undangan yang telah hadir. Untuk itu orang yang ditunjuk untuk melaksanakannya adalah wakil dari dua keluarga besar atau akan lebih bermakna ketika sang Mempelai Pria sendiri yang menyampaikannya.

Momen ini adalah momen yang dapat menyentuh perasaan, mengundang senyum dan tawa yang dapat mengisi suasana ruangan resepsi Anda.

Yang perlu menjadi catatan ketika Anda atau keluarga Anda menyampaikan wedding speech, mereka harus menyampaikannya dengan jujur, relevan, mengapresiasi tamu yang telah hadir dan terutama adalah tetap menjaga kesopanan dalam berbahasa.

Untuk Anda yang tidak biasa dan bingung dalam menyampaikan isi pidato Anda, umumnya ada empat poin utama yang perlu disampaikan. Poin itu adalah :

  • Ungkapan Terima kasih atas semua pihak yang telah mendukung dan telah hadir dalam pesta pernikahan Anda
  • Permohonan maaf untuk hal – hal yang kurang berkenan
  • Menyambut dan mengajak para tamu untuk menikmati perayaan malam itu bersama – sama.
  • Anda juga dapat menyampaikan hal khusus untuk orang tertentu terhadap orang tua, keluarga, kerabat. Atau juga menggunakan kesempatan ini untuk menceritakan kisah lucu dan penuh inspirasi.

So couples…. It’s your show time!!!

Bride & Groom Assistant

Post Category: Article

Suatu kebanggaan tersendiri untuk bisa mendampingi sahabat terbaik kita di hari spesial mereka. Kepercayaan yang diberikan untuk menemani mereka dari sejak persiapan hingga berbagi tawa dan kebahagiaan di hari spesial. Anda mungkin sering mendengar istilah Bridesmaid, Groomsmen, Best man, Maid of honor, Ring Bearer, siapa sajakah mereka dan apa tugasnya? Berikut ini sedikit informasi bagi Anda dan para sahabat untuk bisa menentukan orang yang tepat dan mampu menerima kepercayaan Anda.

 

Maid of Honor

article 09

Posisi ini adalah posisi “privilege” karena tidak semua orang dapat kesempatan dan kepercayaan ini. Setiap pengantin wanita memiliih Anda karena melihat dan menilai Anda sebagai orang terdekat dan percaya bahwa Anda akan selalu ada semenjak perencanaan ini berjalan. Salah satu peran yang dilakukan oleh Maid of Honor adalah berkoordinasi dengan bridesmaid lainnya dan tidak jarang Anda ditunjuk sebagai ketua acara.

Bagi mereka yang mengadaptasi budaya barat dan sering kita dengan acara Bridal Shower, disinilah peran maid of honor menjadi sangat dominan mulai dari konsep, mengatur undangan hingga koordinasi acara tersebut pada hari H. Maid of Honor juga membantu sang calon mempelai wanita dalam mengurus daftar undangan, perlengkapan atau logistic yang dibutuhkan oleh mempelai baik untuk pribadi atau kelengkapan hari H. Saran dan bantuan ini sangat dibutuhkan terutama ketika sang calon “ratu” butuh masukan ketika harus memutuskan atau membeli sesuatu.

Secara teknis pada hari “H” Maid of Honor akan melakukan beberapa hal berikut :

  • Membantu menyimpan / memegang bunga tangan mempelai saat ikrar nikah diucapkan
  • Membantu dan memastikan bahwa mempelai mendapatkan asupan makan dan minum yang cukup sehingga stamina mereka tetap terjaga.
  • Membantu dan memastikan gladi resik saat hari “H”
  • Bertanggung jawab atas barang – barang mempelai
  • Membantu saat mempelai harus berganti busana.
  • Dan tidak jarang Maid of Honor akan berdansa dalam rangkaian acara pernikahan tersebut.

 

Bridesmaid

Para wanita cantik bak malaikat ini akan menemani Anda berjalan menyusuri karpet merah ketika Anda bersiap untuk mengucapkan janji sehidup semati. Mereka tidak hanya menunjukan kekompakan dalam mendukung dan membuat Anda tertawa, tetapi juga terlibat dalam setiap acara yang Anda dan calon pasangan sudah siapkan.

Umumnya para bridesmaid dapat membantu para pasangan dengan tugas yang berbeda saat pagi atau pun sore hari. Di pagi hari mereka akan ikut bertanggung jawab atas barang dan gaun yang digunakan sang mempelai. Saat malam hari atau resepsi berlangsung, tidak jarang mereka akan hadir dengan senyum dan kelembutan sebagai penerima tamu utama.

 

Groomsmen

article 10

Sejalan dengan para bridesmaid, groomsmen juga memiliki tugas yang hampir sama. Mereka juga umumnya akan selalu berpasangan dengan para bridesmaid. Di pernikahan Chinese International Wedding ketika mempelai menghendaki adanya doorgames atau pick up the bride games. Para groomsmen akan membantu si Mempelai pria untuk melewati tantangan demi tantangan yang di buat agar Mempelai pria dapat menjemput bidadarinya.

 

Bestman

Siapa bilang hanya wanita yang butuh pendamping. Mempelai pria juga butuh dukungan luar biasa di hari spesialnya. Pria yang ditunjuk sebagai bestman ini juga orang terdekat yang dapat dipercaya dan diandalkan. Saat hari “H” mereka setidaknya akan bertugas sebagai berikut :

  •  Bertanggung jawab atas jas mempelai pria
  •  Menjadi “bendahara” dihari H. Untuk peran ini, bestman akan membantu mempelai pria dalam mengurus biaya – biaya yang harus dikeluarkan saat hari H. Mereka akan melakukan pembayaran pada petugas catatan sipil ataupun vendor lainnya.
  • Bestman juga akan menyimpan dan menjaga cincin pernikahan serta surat – surat penting lainnya sebelum upacara pemberkatan berlangsung
  • Dan , tidak jarang bestman akan memimpin acara bersulang saat resepsi yang didahului dengan pidato singkatnya.

 

Ring Bearer

article 11

Istilah ring bearer adalah istilah untuk bocah laki – laki dengan usia dibawah 7 tahun yang biasanya ditugaskan untuk berjalan menuju altar dengan membawa cincin pernikahan baik di saku atau di bantalan khusus. Anak lelaki ini seringkali tidak hanya memberi makna sendiri bagi sang mempelai tapi juga bius yang mengundang senyum seluruh undangan yang hadir dengan keluguan dan kepolosan mereka. Namun untuk beberapa prosesi upacara keagamaan tertentu ring bearer tidak diperlukan karena mengikuti aturan atau liturgi upacara yang telah dibuat.

 

Flower boy and Flower Girl

article 12

Kini deretan pasangan cilik yang memakai busana formal sering kita lihat baik di upacara pernikahan ataupun resepsi pada malam hari. Mereka adalah anak – anak kecil yang membawa rangkaian bunga atau serpihan kertas menarik untuk di sebar sepanjang karpet merah yang akan dilalui mempelai.

Nautical Wedding

Post Category: News

Coming Soon a Nautical Wedding of Helvin & Richa!!!

7th December 2013 – Batavia Marina Sunda Kelapa

news 01

Be there lovebirds!

Best Moments To Be Captured On Your Special Day

Post Category: Article

Lembaran hasil foto di hari pernikahan setiap pasangan yang dipenuhi dengan ratusan ekspresi merupakan harta berharga bagi anak cucu di masa mendatang. Hal yang dapat dijadikan sebagai bukti sejarah cinta. Ada begitu banyak kegiatan di hari spesial tersebut, tapi kelima moment ini merupakan moment terindah yang tak boleh terlewatkan .

 

The Morning Tales

Ini adalah moment yang terjadi bagi  pernikahan dengan prosesi adat Chinese / International Wedding. Pada umumnya dilaksanakan setelah sesi make up kedua calon mempelai selesai. Moment dimana orang tua menutup veil / slayer untuk mempelai wanita dan orang tua mempelai pria memakaikan sarung tangan dan jas pada anak mereka. Saat yang membanggakan dan bermakna ini diabadikan begitu intim karena saat itu para orang tua menyaksikan dan mengantarkan anak – anak mereka ke gerbang baru kehidupan berkeluarga.

articles 01

 

Bridal Party

Suasana seru penuh canda tawa dan ekspresi yang jujur begitu sayang untuk dilewatkan. Saat dimana mempelai diabadikan bersama para pendamping yang merupakan sahabat terdekat mereka. Orang – orang yang menjadi saksi perjalanan cinta mempelai. Tak jarang di momen ini banyak ide kreatif dan fun dituangkan dalam bentuk games untuk dinikmati bersama.

Bestman and Bridesmaid…. Get ready with your big smile!!!

article 02  article 03

 

Ikrar Sehidup Semati

Moment khidmat penuh haru, puncak kesungguhan hati dua sejoli yang diucapkan dengan sungguh – sungguh untuk janji sehidup semati. Bukan hanya fotographer yang memburu moment ini… tamu yang hadir pun tidak jarang kita lihat mereka akan mengabadikan moment ini.

article 04

 

Tribute to the Parents

Ungkapan terima kasih kepada orang tua selalu jadi saat yang paling mengharukan. Moment unik dimana ekspresi kebahagiaan tak ternilai seringkali diekspresikan dengan linang air mata bahagia.

article 05

 

Wedding Kiss

Wohoo…. Sorakan tamu dan kerabat terdekat serasa mengiringi flash para fotographer yang mengabadikan saat romantis ini. Saat – saat yang harus diabadikan dengan sangat sempurna.

article 06